Pengikut





Assalamu'alaikum... Welcome to my site

Find this blog

blog

Gerhana Matahari???

Selasa, 27 Januari 2009

Hei, kalian?? ada yang berasa kemarin gerhana matahari lho???
Tanggal 26 Januari 2009 jam 15.20, katanya. Soalnya aku lagi ada di dalam rumah dan gag berasa apa - apa.
Di sekitar rumah sih pada heboh banget "eh ada gerhana"... Tapi karena sangking sibuknya sampe gag ngeh jam segitu ada gerhana, hihihihi...
Katanya sih itu gerhana matahari cincin... Ada yang ngerti ga apa itu???
Gerhana Matahari itu adalah peristiwa tertutupnya matahari oleh bulan sehingga sebagian penduduk di bumi mengalami kegelapan meskipun saat itu adalah siang hari. Disebut Gerhana Matahari Cincin karena pada saat peristiwa gerhana ini sebagian sisi luar matahari masih bisa terlihat dari Bumi. Jika dilihat dari Bumi seluruh permukaan matahari tertutup oleh bulan, peristiwa tersebut dinamakan Gerhana Matahari Total.

Pada saat terjadinya puncak GMC ini sangat dianjurkan untuk tidak melihat langsung ke arah matahari, karena bisa merusak retina mata. Pada saat gerhana otomatis keadaan sekitar menjadi redup, nah mata manusia dalam keadaan redup atau gelap retina mata akan terbuka lebar untuk memasukkan cahaya sebanyak-banyaknya. Sebaliknya, dalam keadaan terang retina mata akan mengecil karena cahaya yang masuk sudah cukup dengan rana yang kecil.

Perubahan redup ke terang pada peristiwa GMC ini terjadi sangat cepat sehingga dapat dibayangkan, jika mata sedang menatap matahari yang tertutup bulan, retina akan terbuka lebar, tapi pada saat berikutnya perubahan terjadi menjadi sangat terang. Retina akan mengalami kerusakan karena terlalu banyak menerima cahaya matahari.
















Foto di atas diambil di China pada saat GMT tanggal 1 Agustus 2008. Pada saat redup, planet Merkurius dan Venus bisa terlihat di sebelah kiri atas Matahari… pada siang hari !

2 komentar:

noorhaqay mengatakan...

Thanks udah bikin ni artikel..
your artikel berguna sekali..

n lam kenal juga..

jeriova mengatakan...

kapan yah bisa lihat gerhana matahari??

 

Most Reading

Tags